Stresss.. kenapa bisa? dan cara menghindarinya

Stress merukan relasi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit stress membuat tubuh memproduksi hormon adrenaline yang berfungsi untuk mempertahankan diri. stress merupakan bagian dari kehidupan manusia. stres yang ringan berguna dan dpat memacu seseorang untuk berusaha lebih keras. stress ringan sebenarnya bisa merangsangdan memberikan gairah lebih dalam hidup. tetapi stress yang berkelanjutan, bila tidak di tanggulangi, akan berbahaya bagi kesehatan.

gejala-gejala stress diantaranya yaitu: mudah tersinggung dan marah terhadap teman dan keluarga, bertindak secara agresif dan defensive, merasa selalu lelah, sukar konsentrasi atau menjadi pelupa, jantung berdebar-debar, otot-otot tegang, skit kepala, perut dan diare,  tekanan darah, gangguan makan seperti hilang nafsu makan atau terlalu banyak makan, sukar tidur, dll..

 

kenapa kok bisa stress.?

soalnya, kita sadar akan penyebab stress kita, kita akan lebih mudah menanganinya. pepatah mengatakan “the sooner to know the causes the better to cure the effects”; lebih cepat tahu penyebab sesuatu, lebih baik langkah pengobatannya…

penyebab stress pada usia-usia kita antara lain:

::.perubahan komposisi keluarga

nikah lagi juga bisa bikin kamu streess. misalnya ayahmu nikahlagi setelah ibumu meninggal, atau ibumu menikahlagi setelah berpisah sama ayahmu, kamu harus menyesuaikan diri dengan ayah atau ibu tirimu. tentu butuh waktu untuk penyesuaian, eya bukan???

::.Asmara

Cinta pada awalnya terasa enak, lalma-lama bikin gundah, gelisah, dan stress. gimana tidak?? kamu yang kena panah asmara pasti se, padahal untuk nikah kamu belum mampu, padahal hapir tiap hari ketemu. nah, lho,liat-liat si dia trus mikirin si dia inilah yang bikin kamu tertarik tapi kamu belum bisa ngpa-ngpain dia.

::. Konflik pertemanan

Teman dekatmu memberikan rahasiamu, aibmu tersebar ke mana-manadeh. selain mangkel, jengkel ,dan bvenci , kamu bisa stress mikirin kejadian tersebut.

::. Tuntutan aktifitas

kamu merasa seseorang yang sempurna, semua mata pelajaran dapat nilai 10, di organisasi harus aktif jadi pengurus, di kampung harus jadi aktifis kepemudaanagus jadi orang penting, tapi itu bisa bikin kamu stress.

::. Kurang dukungan

Masalah ada tiap ahri, masalah bisa lebih berkurang bila diceritakan ke orang lain, mungkin orang lain punya solusi atau nasihat yang dapat menghibir dirimu, tapi tidak adanya tempat untuk mencurahkan isi hati dapat menjadi faktor pendukung stress.

::.  Kurang waktu rileks

belajar, belajar dan belajar, pagi belajar, siang belajar, sore belajar ,dan malam pun belajar. saat libur badan lelahjaanya cuma tidur dan tidur, ini adalah pola hidup yang tidak sehat plus bikin kita stress.

 

** Cara menghindari stress

Hidup tenang dimasa mendatang, segalanya selau lancar sesuai rencana, tidak pernah ada musibah sma sekali, tak ada masalah yang pelik yang menimpa mungkinbisa terwujud sebatas angan belaka.

Car agar terhindar dari stress

:..Jadilah orang berilmu

Banyaknya pengetahuan, kedalaman pemikiran, pandangan jauh ke depan, pemahaman yang shahih lagi mantap itulah yang akan dekat dengan kebahaigaan. Seseorang yang berilmu adalah orang yang lapang dadany, luas pemikirannya, dan tenang jiwanya serta tentram hatinya. bila k ita tak ingin dekat-dekat dengan streess maka dekat-dekatlah dengan ilmu.

:.. Rajinlah beribadah

Jangn pernah meremehkan ibadah, karena tenyata dengann rajin-rajin beribadah kita akan lebih dekat pada kegembiraan dan jauh dari stress. orsng midkin dapat bahagia demikian pula orang kaya. kebahagiaan ituu terkait dengan hati seseorang, kelapangan dadanya dan  ketenangan hatinya.

:.. Hindari dosa dan maksiat

Semua dosa dan maksiat merupakan penyebab kesusahan hatii dan lemahnya jiwa serta badan kita. makanya orang yang hidupnya dkat dengan maksiat hidupnya tidak akan tenang, mudah stress , jiwanya rusak bahkan sesuai tingkat dosa yang dilakukanya.

Posted on 25 Desember 2011, in Kajian, Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: