Gunug Merapi, wisata Merapi,,

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

::. Geografis Merapi

Gunung merapi terletak di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif diIndonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi kab.Sleman, DIY, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawah Temgah yaitu kabupaten Magelang, di sisi barat, kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004. gunung merapi memiliki ketinggian puncak  2.968 m dpl.

Gunung merapi mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun sekali ,dan dikelilingi oleh pemukiman yang sangat padat. Magelang dan Yogyakartaadalah kota besar terdekat, berjarak di bawah 30 km dari puncaknya. Di lerengnya masih terdapat pemukiman sampai ketinggian 1700 meter .dan hanya berjarak empat kilometer dari puncak. Oleh karena tingkat kepentingannya ini, Merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia

::. Wisata Merapi

setelah terjadi erupsi yang besar pada tahun 2010, gunung merapi sekarang menjadi tempat wisata favorit di daerah yogyakarta dan jawah Tengah. ketika erupsi merapi terjadi , kondisi sekitar lereng merapi hancur ,rumah, pohon, binatang ternak , semuanya hancur/mati setelah dilewati awan panas/wedus gembel merapi. Sekarang merapi sudah berangsur-angsur membaik, sudah banyak tempat yang sudah mulai hijau kembali, warganya sudah beraktifitas seperti biasa.

Jejak-jejak dari erupsi merapi sekarang menjadi tempat wisata yang menarik, karena rasa penasaran banyak orang mengunjungi merapi untuk melihat langsung sisa-sisa erupsi merapi tahun 2010.

berikut sesuatu yang dapat dinikmati ketika berkunjung ke Merapi:

Wisata jelajah / trekking melewati desa, sungai, hutan dengan fokus panorama merapi. Dapat dipadukan dengan bersepeda dan offroad.

Wisata Pendidikan Lingkungan dimaksukan untuk mengenal dan mempelajari berbagai jenis tumbuhan dan binatang serta mengenai kegunungapian secara langsung.

Wisata Desa untuk melihat, merasakan dan mempelajari alam pedesaan, seni budaya dan kehidupan masyarakatnya.

Wisata napak tilas letusan merapi 2010 dimaksudkan untuk melihat langsung obyek bekas letusan merapi.

Objek Wisata

1. GUNUNG MERAPI

Apabila cerah dapat melihat keindahan gunung Merapi dengan jelas,yang merupakan salah satu gunung teraktif di dunia.

2. HUTAN MERAPI

Dapat melihat berbagai jenis tumbuhan dan binatang terutama burung di sekitar merapi.

3. DESA LERENG MERAPI

Dapat melihat suasana alam pedesaan,rumah tradisional,perkakas kuno,kehidupan masyarakatnya.

4. GALERI MERAPI

Dapat melihat foto-foto aktifitas merapi,material letusan merapi,benda-benda akibat letusan merapi,video erupsi merapi.

5. STASIUN FLORA FAUNA

Dapat melihat berbagai jenis tanaman sayuran,buah-buahan, jamu/obat, rumput, kayu, bambu, tanaman hias /anggrek dan berbagai jenis hewan.

6.KEINDAHAN KOTA JOGJA

Kita dapat menikmati keindahan kota joga  dari merapi dengan jelas jika suasana sedang cerah.

Posted on 1 Januari 2012, in Berita, Hiburan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar