fenomene gunung piramida sadahurip di Garut

Gunung Sadahurip di Garut, Jawa Barat, mencuri perhatian publik. Apalagi kalau bukan ‘harta karun’ berupa piramida berusia ribuan tahun yang katanya berada di dalam gunung tersebut. Mungkinkah ada piramida seperti Piramida Giza yang ada di Mesir sana?

Dari penampakan, sekitar 90 persen bentuk Sadahurip menyerupai piramida. Faktanya, Sadahurip merupakan bukit setinggi 1463 meter dpl yang berdekatan dengan Gunungapi Talagabodas dan Gunung Galunggung. Beberapa batuan yang tersingkap di dindingnya atau di sekitarnya menunjukkan bukit ini disusun oleh batuan beku andesitik atau variasinya. Di Sadahurip juga tidak dilaporkan keberadaan kawah di puncak atau di dindingnya. Selain itu terdapat punggungan Baturahong yang hilang setengah masa batuannya.

Selain di Mesir, Piramida juga ditemukan di beberapa negara lain seperti Persia, Amerika tengah, Spanyol, Nigeria, Yunani dan sebagainya. Nah, di Indonesia dalam sejarah kebudayaannya dikenal bentuk bangunan prasejarah dan sejarah dengan ciri piramida yang disebut punden berundak. Menurut Awang, punden berundak merupakan variasi dari step pyramid.

Dari bebrapa fakta yang ada dapat diindikasikan bahwa Sadahurip adalah semacam volcanic mound atau gumuk (gundukan) piroklastika atau bahan muntahan gunung api tanpa pipa di dalamnya. Apakah gumuk piroklastika tak bisa dimanfaatkan untuk pembangunan piramida? Menurut Awang, berkaca dari ditemukannya situs di Gunung Padang, Cianjur, maka tak bisa dinafikkan hal itu terjadi pula di Sadahurip.

Kontroversi mengenai adanya bangunan berbentuk piramida di perut Gunung Sadahurip atau Gunung Putri di Garut, Jawa Barat, akan diuji kebenarannya. Setelah melakukan beberapa cara untuk menyelidiki hal tersebut dengan menggunakan teknologi georadar, geolistrik, foto kontur dan foto IFSAR, Kini Tim Katastropik Purba dalam waktu dekat akan melakukan pengeboran.
“Kemungkinan pada Maret nanti sebagai eskavasi awal, akan kami selidiki batuan di dalamnya,” kata Iwan Samule, salah satu anggota tim,  Senin (30/1/2012).
Pengeboran akan dilakukan sebagai bagian dari proses eskavasi untuk menemukan fakta empirik apa saja yang ada dalam perut gunung tersebut. Sebelumnya sudah sempat melakukan pengeboran, namun kali ini akan kembali akan dilakukan ke lapisan yang lebih dalam. Jika memang benar terdapat piramida di Gunung Sadahurip, Tim menduga piraida tersebut lebih besar dan lebih tua dari Piramida Giza di Mesir, yang telah tersohor tersebut.

About irwantav

seperti yang anda lihat !!!

Posted on 7 Februari 2012, in Berita and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: