Pemuda Dahsyat

Pemuda kok loyo!
Yang semangat donk!
Apa kata dunia jika para penerus estafet perjuangan adalah generasi yang tak memiliki ghirah(semangat) tinggi??

Pemuda harusnya menjadi sosok dahsyat,, knapa begituy? karena sesuai dengan kondisinya, seorang pemuda memiliki stamina yang fresh baik dalam semangat, fisik, dan pemikiran.

Tak mengherankan jika sejarah mencatat kiprah deretan pemuda dalam mengusung banyak perubahan, baik itu dibidang ekonomi, pendidikan, kekuasaan, dan lainnya.

Pemuda dahsyat dalam konteks ini sarat dengan keunggulan yang ada di dalam dirinya. ia sangat memeprhatikan  umur dan tak menyia-nyiakan lewat begitu saja tanpa hal yang berarti bagi diri, agama, dan orang lain secara umum. Terus, apa sih karakteristik pemuda dahsyat yang sebenarnya?

>>Lahap Ilmu

Sudah mestinya pemuda yang dahsyat selalu haus dan besemangat akan ilmu yang bermanfaat. Ilmu disini bersifat umum, bisa ilmu yang berguna untuk kemaslahatan umat terlebih ilmu yang berkaitan dengan syariat.

Ilmu tak akan datang dengan sendirinnya, harus ada usaha dan kerja keras untuk mendapatkannya. Makanya selagi masih muda dan kuat, pergunakan umur untuk melahap ilmu yang berguna. Pemuda yang sebenarnya hanya dapat dikenal akan keilmuwan dan ketakwaannya.

>>Bertabur Iman

Tak salah lagi, pemuda yang dikatakan dahsyat adalah dia yang memenuhi kehidupan dan hatinya dengan keimanan kuat. Keyakinan akan Allah, para Malaikat-Nya, Kitab-nya, rasul-rasul, dan hari akhir terpatri kuat dalam diri yang tak dapat digoncang dengan keraguan. “Sesungguhnya orang-orang yang beroman hanyalah orang-orang yang beroman kepada Allah dan rasulnya…..(Al Hujurat:15).

Iman kuat model ini akan berimplikasi kepada karakter unggul yang tak ada danya. Tegar dan sabar diatas iman, amu berkorban dijalan Allah, selalu menjaga iman, tak takut dengan musuh sedikitpun, takut akan hari perhitungan Allah, segera bertaubat dan membersihkan diri. Dan ternyata karakter seperti itu telah bersinar terang di era kenabian. pemuda pada masa itu benar-benar menerima petunjuk Rasul hinggan datanglah Ketetapan Allah.  “Dan orang-orang yang mendapat petunjuk Allah menambah petunjuk kepada mereka dan memberikan kepada mereka (balasan) ketaqwaanya.” (Muhammad: 17)

>>Jauh dari syirik…..

Berkebalikan dengan iman. pemuda dahsyat tak pernah mempersekutukan Allah dengan makhluk dalam peribadahan. “Bahkan dia menyembah Allah semata, ikhlas dalam beragama, berlaku lurus, wajahnya selalu tertuju kepada-Nya, dan berpaling dari selain-Nya.” <kata sayikh Abdurrahman As Sa`adi>

Nah, itulah pemuda yang dahsyat. Adapun sebaliknya; suka berbua syirik, ampuh dengan  tenaga dalam dan jimat adalah pemuda cemen sesungguhnya!!

>>Tak lupa berbuat

Pemuda cinta shalat? kuno itu! pemuda suka ngaji? ah , ketinggalan jaman!!
Itulah persepsi keliru dimata pemuda. padahal sebenar-benarnya pemuda dahsyat adlah yang mau berbuat dan beraamal. tak sebatas ilmu dan iman,  pemuda dahsyat sangat unggul dalam keshalihan amal. bahkan generasi inilah yang bahagia karena telah mencapai kepentingan dan arti hakiki dari amal shalih. “Barang siapa yang mengerjakan amal shalih, baik laki-laki maupun perempuan  dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (An Nahl:97).
By the way, ciri pemuda dahsyat selalu semangat dalam mengerjakan amal baik dalam agama, apa pun itu!

>>Dandanan Adab

Ugal-ugalan dan tak xopan? itulah ciri khas pemuda modern!,,  Harusnya pemuda modern harus memiliki adab mulia. Lihatlah! Bagaimana generasi muda diawal kenabian tumbuh dalam binaan Alqur`an. gimana tidak, mereka langsung dibimbing langsung oleh Rasulullah yang berakhlak alqur`an. Adab mulia kepada orang tua, kepada guru dan ulama serta adab kepada makhluk secara umum akan selalu dipupuk oleh yang namanya pemuda dahsyat dalam dirinya.

>>suka Dakwah dan Jihad

Setelah punya ilmu, iman dan amal shalih. tak ada yang ebih membahagiakan pemuda kecuali menajak sodara, temen, dan karib kerabatnya merasakan keindahan hidup dibawah naungan risalah Islam. dakwah di jalan Allah, kini menjadi jalan hidupnya. berjihad di garis-Nya menjadi pilihan utama. tak sungkan dia mendeklarasikan dan berucap. “inilah jalan (agama0ku, aku dan orang-orang yang mengikutinya mengajak (kamu0 kepadaAllah dengan tujuan hujjah yang nyata. Maha suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik.” (Yusuf: 108)
Adakah yang lebih baik ucapan ketimbang pemuda yang berdakwah dijalan Allah, beramal shalih, dan berserah diri? tentu tidak!

>>Plus `Ibadurrahman

Secara umum ciri pemuda dahsyat telah diungkap. Allah sendiri telah mengungkap karakter pemuda dahsyat dalam AlQur`an. dalam deretan ayat-ayat-Nya Allah menggambarkan bagaimana sebenarnya karakter pemuda dahsyat yang lebih pas dibilang `ibadurrhman. ytang jelas pemuda inilah yang berhak memperoleh martabat tertinggi dalam surga dan disambut dengan ucapan selamat dan penghormatan. kamu mau menjadi seperti mereka???

 

About irwantav

seperti yang anda lihat !!!

Posted on 13 Februari 2012, in Artikel, Kajian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: