Artikel Pendidikan Anak di Alqur’an pada surat al-Lukman

Dalam artikel ini penulis akan membahas tentang surat Lukman secara keseluruhan akan tetapi dalam artikel ini  lebih menitikberatkan ayat 13 dan 17 dimana dalam ayat  membahas tentang bagaimana Lukman mendidik anaknya untuk selalu bertaqwa pada Allah SWT.ayat itu :

Dan (ingatlah)  ketika Lukman berkata kepada anaknya.’Wahai anaku janganlah engkau mempersekutukan Allah SWT ,sesungguhnya mempersekutukan Allah SWT itu adalah benar-benar kezaliman yang sangat besar.( Q.S. Lukman ayat 13)

Wahai anakku, Laksanakan salat dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf dan cegahlah (mereka) dari hal yang mungkar  dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya hal yang demikian itu adalah perkara yang penting.(Q.S. Lukman ayat 17)

Dari arti ayat tersebut dapat di tafsirkan bahwa peran orang tua sangatlah penting bagi perkembangan pendidikan anak karena dari rumah dan orang tualah anak pertamakali mengenal pendidikan agama islam dan penanaman rasa agama. Oleh sebab itu orang tua harus benar dapat memberi dan menanamkan rasa agama dan pendidikan agama islam dengan baik. Karena dengan itu akan berdampak positif pada psikologi agama dan psikologi perkembangan  seorang anak.

Selain itu dalam ayat 13 dan 17 surat Lukman telah  memberi pendidikan  agama Islam pada anaknya untuk sejak dini menunaikan sholat, menyakini tentang Allah SWT sebagai tuhan satu-satunya yang pantas disembah dan tak ada tuhan yang patut disembah selain Allah SWT dan janganlah sekali-kali menyukutukan Allah SWT dengan yang lain karena hal itu dinamakan dengan syirik dan syirik merupakan dosa  besar yang tidak diampuni oleh Allah SWT .

Dan Luqman juga mendidik anaknya untuk menegakkan Amar ma’ruf nahi mungkar dimana amar makruf yang diartikan menegakkan yang benar dan membenarkan suatu hal yang salah. Hal itu menurut penulis mungkin dapat dilakukan dengan mengajak manusia untuk selalu berbuat baik dan menasehetinya atu mengingatkan dia untuk meninggalkan hal tersebut karena hal tersebut dilarang dalam hukum Islam.

Diatas penulis telah dijelaskan bahwa dalam artikel ini penulis akan membahas tentang surat Al Lukman  yang di dalam Al Qur’an tertera dalam juz 21 yang terdiri dari 34 ayat dan surat ke-31 dan termasuk surat Makkiyyah. Dimana dalam Surat Lukman membahas tentang hikmah dan Al-Qur’an sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang  yang berbuat kebaikan.

Dan dalam ayat ini membahas juga tentang balasan bagi orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT yaitu berupa surga-surga yang penuh dengan kenikmatan. Dan Allah SWT itu yang menciptakan  alam semesta beserta isinya ini seperti yang tertera dalam ayat 10 yang berbunyi:

Dia yang menciptakan langit ini tanpa tiang  sebagaimana kamu melihatnya,dan Dia meletakan gunung-gunung (di permukaan bumi) bumi agar ia (bumi) tidak menggoyakkan kamu dan memperkembangbiakkan segala macam jenis makhluk bergerak yang bernyawa di bumi. Dan kami turunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik. ( Q.S.Lukman ayat 10)

Dari pembahasan di atas tentang isi surat Al Lukman  dapat diambil kesimpulan bahwa Allah SWT  benar-benar tuhan yang Maha Sempurna karena Dialah yang menciptakan alam semesta ini beserta isinya, tuhan yang mempunyai 99 sifat yang disebut dengan Asmaul Khusna .Oleh sebab itu sebagai umatnya kita wajib bertaqwa dan beriman kepada-Nya. Jangan sampai kita menyekutkan-Nya..Disamping itu isi surat Lukman  juga membahas tentang Lukman dalam mendidik anak-anaknya  agar anaknya senatiasa menjalankan syariat dalam agama Islam.

Oleh sebab itu mengapa  umat Islam diperintahkan untuk tidak hanya  membaca Al-Qur’an akan tetapi juga memahami isinya. Karena dengan memahami maknanya kita  akan  mengetahui makna dari isi Al- Qur’an dan hikmah. Dan pada dasarnya Al-Qur’an merupakan yang sangat mulia dan banyak manfaatnya bagi umat manusia.

About irwantav

seperti yang anda lihat !!!

Posted on 13 Maret 2012, in Artikel, islamic, Kajian, Makalah and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: