Contoh perubahan proses bisnis/sosial akibat teknologi yang “melunturkan” nilai etika tradisional

Teknologi yang berkembang pesat pada saat ini mengakibatkan dampak yang luar biasa, baik dampak positif maupun dampak negatif. Dari perkembangan teknologi tersebut terjadi  perubahan proses bisnis/sosial yang melunturkan nilai etika tradisional. berikut contohnya:

1. Proses jual beli

Proses jual beli pada awalnya dilakukan secara langsung, penjual dan pembeli bertemu secara langsung di suatu tempat untuk melakukan transaksi jula beli, tapi seiring perkembangan teknologi yang berlangsung saat ini untuk melakukan proses jual beli tidak harus bertemu secara langsung. Misalnya dengan jaringan internet dan komputer yang ada saat ini penjual hanya memasang gambar produk barang yang akan dijualnya beserta keterangan harga dan kulilatasnya pada web/atau internet , sehingga semua mayarakat dapat mengkasesnya. Jika pada proses jual beli secara manual pembeli biasanya hanya berasal dari sekitar daerah tempat penjual menjual produk jualannya, tapi jiaka dengan menggunakan jualan online dengan internet atau dikenal dengan e-commerce, dan bisa dilakukan hanya dengan menggunkan handphone saja, begitu mudah bukan……….?

Sementara pembeli tinggal memilih produk yang ingin dibelinya dan mentaransfer uang untuk membeli lewat bank, kemudian barang yang dibeli akan datang sendiri. dan nilai etika tradisional  yang hilang yaitu tidak ada tawar menawar langsung, silatuhrahmi antara penjual dan pembeli menjadi berkurang karena tidak bertemu secara langsung

2. proses interaksi/komounikasi

Dengan adanya perkembangan teknologi sekarag ini untuk melakukan interaksi dengan orang lain sangatlah mudah, bahkan dengan oarang yang berada di belahan bumi lain. Sekarang tidak usah repot-repot menulis surat hanya sekedar untuk menanyakan kabar sanak saudara kita yang berada didaerah lain, sekarang ada handphone, internet  untuk memudahkan interkasi dengan oprang lain. tapi berkembangnya teknologi informasi menjadikan kita lebih suka duduk manis di depan komuter atau sibuk memencet tombol hp yang kita punya, malah bukan berinteraksi dengan teman atau tetangga kita sendiri. Akibatnya kita menjadi asing di tengah keramaian karena sibuk interaksi dengan hp kita, ra hormat dengan orang yang lebih tua menjadi berkurang jika berinteraksi lewat dunia maya.

About irwantav

seperti yang anda lihat !!!

Posted on 24 April 2012, in Artikel and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: