Cara mencegah kecanduan game online

Fasilitas internet yang begitu banyak  tersedia di mana-mana, salah satunya warung internet , menjadikan anak bias mengakses internet di mana-mana.

Teknologi pada saat ini sangat beraneka ragam dan salah satunya game online ini di mana jika seseorang bisa terkena dampak negatif karena terlalu sering bermain dan mengesampinggkan tugasnya sebagai seorang pelajar, bahkan seseorang bisa terganggu jiwanya dan bisa berbuat criminal dari apa yang di dapat pada game online tersebut.

Untuk mencegah seseorang kecanduan game online, ada beberapa hal yang harus dilakukan khususnya para orang tua. Di antaranya:

  1. Bekerja sama dengan guru di sekolah untuk turut mementau perkembangan belajar siswa.
  2. Menjalin hubungan informal agar anak bias terbuka pada orang tua, sehingga orang tua bias memberikan pendidikan pada anak tanpa ada yang merasa di hakimi
  3. Belajar tentang game online. Sehngga bias berdiskusi dengan sang anak tentang permainan tersebut. Jika ini terjadi, anak tidak akan mencari teman-temannya untuk sekedar berdiskusi tentang game online, sehingga anak lebih betah di rumah karena mendapatkan kawan yang mengerti tentang dunia mereka.
  4. Berikan waktu khusus bermain game online, dan tegasi sang anak untuk tidak bermain di luar waktu yang telah di sepakati, ini menunjukkan bahwa tidak hanya sekedar melarang namun memberikan kelonggaran. Di sisi lain bias memberikan pelajaran kepada anak untuk  bertanggung jawab pada waktu yang dimilikinya.

About irwantav

seperti yang anda lihat !!!

Posted on 4 November 2012, in Artikel, Komputer and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: